Jumat, 13 April 2012

DEFINISI ORGANISASI DAN METODE

 Nama        : Dhani Safitri
Kelas         : 1DB11
Npm           : 31111981




Istilah atau pengertian dari organisasi dapat diartikan sebagai berikut :

·         Wadah : Artinya organisasi dapat dijadikan sebagai wadah atau tempat sekelompok manusia untuk berkumpul dan saling bekerjasama secara rasional, sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali untuk mencapai tujuan yang organisasi. Dengan memanfaatkan sumber daya seperti uang, material, mesin, metode, lingkungan dan lain-lain.

·         Proses  : Artinya organisasi juga merupakan sebuah proses pengelompokan manusia dalam suatu kerjasama yang efektif dan efisien. Sehingga tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis sehingga diperlukannya kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak yaitu pengurus organisasi dan anggota organisasi tersebut.

Ada beberapa definisi organisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:
·        Stoner                                 :Mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .


·        James D.Mooney                         : Mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .


·      Chester I.Bernard                   : Berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


·         Stephen P.Robbins                         : Menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.



Istilah metode :
Berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Defisini metode menurut para ahli adalah sebagai berikut:
·         ROTHWELL&KAZANAS
Metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi
·         TITUS
Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.
·         MACQUARIE
Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu
·         WIRADI
Metode adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara sistematis(urutannyalogis)
·         DRS.AGUSM.HARDJANA
Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai



SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar