NAMA : DHANI
SAFITRI
NPM :
31111981
KELAS : 2DB14
EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Evolusi
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Usaha awal untuk menerapkan komputer dalam area
bisnis, mula-mula terfokus pada data, kemudian informasi dan penunjang
keputusan.
a. Fokus
Awal Pada Data
* Penggunaan komputer generasi pertama hanya
terbatas untuk Aplikasi Akuntansi. Dikenal dengan nama Electronic Data
Processing (EDP) atau Data Processing (DP).
* Digunakan juga istilah Accounting Information
System (SIA-Sistem Informasi Akuntansi) untuk menggambarkan sistem yang
memproses aplikasi pengolahan data perusahaan menjadi beberapa informasi
sebagai produksi sampingan dari proses akuntansi.
b. Fokus
Baru Pada Informasi
* Konsep SIM (Sistem Informasi Manajemen)
menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama
menghasilkan informasi manajemen.
* Konsep ini segera diterima oleh banyak
perusahaan besar, namun hasil aktual jarang sesuai dengan yang dibayangkan
semula. Penyebabnya adalah :
1. Kurangnya pengetahuan tentang komputer di
antara para pemakai.
2. Kurangnya pengertian bisnis dan keawaman
spesialis informasi mengenai peran manajemen.
3. Peralatan komputer yang mahal dan terbatas
dibanding standar sekarang.
* Karena rancangan-rancangan sistem menjadi
membengkak dan tugas tersebut menjadi tidak mungkin dikelola, maka perusahaan
memutuskan membuang ide SIM dan kembali ke DP.
c. Fokus
Revisi Pada Penunjang Keputusan
* Ilmuwan pada Massachusetts Institute of
Technology (MIT) yaitu : Michael S. Scott Morton, G. Anthony Gorry dan Peter G.
W. Keen memperkenalkan konsep "Sistem Penunjang Keputusan"
(DSS-Decision Support System).
* DSS adalah sistem penghasil informasi yang
ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer.
Manajer tersebut dapat berada pada bagian manapun, tingkat manapun dan dalam
area fungsional apapun.
* SIM dimaksudkan untuk menyediakan informasi
pemecahan masalah bagi sekelompok manajer secara umum, sedangkan DSS
dimaksudkan untuk mendukung satu orang manajer secara khusus.
d. Fokus
Sekarang Pada Komunikasi
*Pada saat DSS berkembang, perhatian juga
difokuskan pada aplikasi komputer yang lain, yaitu "Otomatisasi
Kantor" (OA-Office Automation).
* OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan
produktifitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan
alat-alat elektronik.
e. Fokus
Potensial Pada Konsultasi
* "Kecerdasan Buatan" (Al-Artificial
Inteligence) diterapkan untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama
seperti manusia.
* "Sistem Pakar" (ES-Expert System)
adalah bagian khusus dari Al sebagai suatu sistem yang berfungsi sebagai
seorang "spesialis" dalam suatu area. ES memberikan bantuan yang sama
seperti yang diberikan oleh seorang "Konsultan Manajemen".
Definisi
SIA :
Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan,
mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi
finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan
pihak ekstern.
Karakteristik
SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
1. SIA
melakasanakan tugas yang diperlukan
2.
Berpegang pada prosedur yang relatif standar
3.
Menangani data rinci
4.
Berfokus historis
5.
Menyediakan informasi pemecahan minimal
Perbedaan
SIA dan SIM :
SIA mengumpulkan
mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi
keuangan sedang
SIM mengumpulkan
mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe
informasi
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar