NAMA : DHANI SAFITRI
NPM :
31111981
KELAS : 2DB14
PERANAN MANAJER DALAM PENGELOLAAN
PENGERTIAN
MANAJER
Manajer adalah seorang yang memiliki tanggung
jawab seluruh bagian pada suatu perusahaan atau organisasi. Manajer memimpin
beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa. Pada perusahaan
yang berskala kecil mungkin cukup diperlukan satu orang manajer umum, sedangkan
pada perusahaan atau organisasi yang berkaliber besar biasanya memiliki
beberapa orang manajer umum yang bertanggung-jawab pada area tugas yang
berbeda-beda.
TINGKATAN
MANAJER
Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer
sering dikelompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan
manajer lini pertama (biasanya digambarkan dengan bentuk piramida, di mana
jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada di puncak). Berikut ini
adalah tingkatan manajer mulai dari bawah ke atas:
Manejemen lini pertama (first-line management),
dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen
tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan
non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut
penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer
departemen, atau mandor (foreman).
Manajemen tingkat menengah (middle management),
mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan
manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang
termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer
pabrik, atau manajer divisi.
Manajemen puncak (top management), dikenal pula
dengan istilah executive officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi
perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top
manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information
Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
Meskipun demikian, tidak semua organisasi dapat
menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bentuk piramida tradisional ini.
Misalnya pada organisasi yang lebih fleksibel dan sederhana, dengan pekerjaan
yang dilakukan oleh tim karyawan yang selalu berubah, berpindah dari satu
proyek ke proyek lainnya sesuai dengan dengan permintaan pekerjaan.
SUMBER
DAYA MANAJEMEN 2 :
1. Sumber daya fisik :
manusia,mesin,material,uang.
2. Sumber daya konseptual : informasi(termasuk
data).
Peranan manajer mengelola sumber daya ini agar
dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari peranan manajer maka
perlu adanya usha penataan sumber daya termasuk didalamnya manajemen informasi
yakni berupa:
* Sumber daya harus di susun sedemikian rupa
sehingga setipa saat di perlukan dapat segera dimanfaatkan dan perlu dilakukan
modifikasi.
* sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal
mungkin.
* sumber daya harus selalu diperbaharui.
KETERAMPILAN
MANAJEMEN ADA 2 :
keahlian komputer dan keahlian informasi. Di jaman
yang sudah mengandalkan teknologi serba canggih ini,komputer adalah alat yang
wajib bisa di kuasai.karena hampir semua perusahaan menggunakan komputer untuk
menjalankan pekerjaan.
- Manajer dan sistem perusahaan
sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang saling
berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu,
contoh:perusahaan manufaktur.setiap sistem
memiliki batas-batas luar yang memisahkannya dari lingkungannya.tidak semua
sistem memiliki kombinasi elemen sistem yang sama,namun secara umum bisa di
gambarkan terdiri dari sumber daya input(masukkan),proses transformasi dan
sumberdaya output(keluaran).
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar